Saturday, August 28, 2010

Peranan Blackberry Dalam Dunia Bisnis [Pengantar Teknologi Infomasi]

I. Pendahuluan
Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mampu mengejutkan dunia.
Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Namun bisa kita lihat saat ini sudah hampir semua operator GSM di Indonesia, termasuk yang terbilang pendatang baru, sudah menyediakan layanan BIS ( Blackberry Internet Service ). Tarif layanan BIS saat ini juga semakin bersaing, tidak lagi semahal dulu. Hal ini membuat Blackberry semakin dapat diterima di kalangan yang lebih luas, mulai dari eksekutif hingga pelajar.
Pemilihan nama BlackBerry memiliki cerita tersendiri. Saat itu RIM dibantu dengan Lexicon Branding Inc. (perusahaan konsultan pembuatan merek atau brand asal Amerika) mempunyai inspirasi bahwa perangkat ini merupakan sesuatu yg manis dalam kehidupan karena fungsi dan kemudahan yg dimilikinya. Waktu itu pihak Lexicon melihat tombol keyboard nya seperti biji strawberry, tapi menurut mereka kata "straw" terlalu panjang bila diucapkan hingga terkesan lamban. Lalu dipilihlah BlackBerry, brand yg menurut mereka dapat mewakili manisnya hidup dalam buah BlackBerry dan kata "Black" yg cepat bila diucapkan mewakili karakter perangkat BlackBerry yg simple dan mudah digunakan.
Secara umum Blackberry memiliki banyak manfaat, tentunya dalam bidang konektivitas, Multimedia, Jejaring Sosial, hingga Bisnis. Dalam paper ini, saya hanya akan membahas tentang manfaat Blackberry yang berkaitan dengan dunia bisnis.

II. Pembahasan
Saat ini di Indonesia hampir sebagian besar businessman sudah memilih Smartphone Blackberry sebagai pendamping setia dalam melakukan segala kegiatan sehari-hari, termasuk pekerjaan. Hal tersebut tentunya dikarenakan begitu banyak manfaat dari perangkat Blackberry yang dirasakan sangat membantu kegiatan mereka.
Blackberry sebagai media komunikasi dengan rekan bisnis. Kegiatan bisnis tentunya tidak lepas dari komunikasi, khususnya dengan rekan bisnis. Dengan adanya perangkat Blackberry dapat mempermudah melakukan komunikasi, apalagi dengan dimensi Blackberry yang cukup ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Dengan Blackberry, komunikasi yang mungkin dilakukan tidak hanya sebatas telepon dan SMS semata, namun juga dapat dilakukan melalui Email dan Instant Messaging. Dengan fitur tersebut tentunya komunikasi dengan rekan bisnis dapat menjadi lancar dan fleksibel. Blackberry mendukung Push email, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan pengecekan inbox setiap jangka waktu tertentu, karena dengan push email kita akan langsung mendapatkan notifikasi apabila ada email baru ( cara kerja seperti SMS).
Blackberry sebagai sarana akses informasi bisnis. Blackberry didukung dengan browser yang cukup mumpuni, sehingga para businessman dapat dengan mudah mengakses informasi terbaru yang berhubungan dengan bidang bisnis mereka. Contohnya, mengakses informasi tentang kurs mata uang, pergerakan dalam bursa saham, berita tentang kondisi perekonomian, dll. Businessman tidak perlu lagi repot membawa notebook atau mencari hotspot, karena kini mereka sudah dapat langsung mengakses internet melalui perangkat Blackberry.
Blackberry mendukung fitur-fitur office. Selain fitur umum seperti agenda, kalender, alarm, memo dan kalkulator, kita juga dapat menambahkan aplikasi office lain semacam Microsoft office ( pada blackberry dikenal sebagai Document to Go ) , PDF to Go ( PDF reader ) , hingga kamus multi bahasa yang berbasiskan google. Jadi businessman tidak lagi terikat pada PC atau netbook.
Banyak biaya yang dapat ditekan karena Blackberry. Salah satunya adalah biaya transportasi. Contohnya, Seorang pedagang biasanya membeli produk dari luar kota ( untuk dijual kembali ), untuk memilih produk apa saja yang akan dijual, mereka harus pergi ke beberapa kota tertentu, dan tentunya memakan biaya transportasi yang cukup mahal. Seiring dengan semakin banyak rekan bisnis yang menggunakan blackberry, mereka tidak perlu lagi jauh- jauh berkunjung ke luar kota, mereka hanya tinggal meminta dikirimkan foto produk (bisa melalui Messenger maupun Email). Dengan begitu mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan laba yang diperoleh menjadi lebih besar.
Selain biaya transportasi, Blackberry juga menghemat biaya komunikasi. Banyak Users yang sudah merasakannya. Jika dahulu mereka harus mengeluarkan biaya pulsa Rp.200.000 – Rp.300.000, sekarang mungkin hanya Rp.100.000 – Rp.150.000 . Mengapa? Karena sebelum menggunakan Blackberry, mereka harus menggunakan fitur panggilan telepon atau SMS yang tentunya tidak murah. Semenjak menggunakan blackberry, mereka hanya perlu mendaftar layanan BIS bulanan ( yang saat ini semakin ekonomis ) dan dapat melakukan percakapan sepuasnya lewat messenger. Selain percakapan, messenger juga mendukung fitur yang memungkinkan untuk berbagi file gambar dan suara. Jadi tidak heran apabila saat ini Blackberry users tidak terlalu suka melakukan komunikasi melalui panggilan telepon atau SMS karena faktor ekonomis dan kebiasaan.

III. Kesimpulan
Saat ini di Indonesia sebagian besar businessman memilih Blackberry sebagai pendamping dalam menjalankan aktivitas kerja. Hal tersebut dikarenakan banyaknya manfaat yang dirasakan dari perangkat tersebut, yaitu sebagai sarana komunikasi dengan rekan bisnis, sarana mengakses informasi, alternatif pengganti PC/ Notebook untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan fitur office, serta menghemat biaya mulai dari transportasi hingga biaya komunikasi.

Daftar Pustaka
http://indo-trans.blogspot.com/2009/03/apa-itu-blackberry-dan-sejarah.html
http://homeformulaone.blogspot.com/2009/02/sejarah-blackberry.html

No comments:

Post a Comment