Friday, August 27, 2010

Organisasi dan Manajemen Dalam Lingkungan Global - [Pengantar Manajemen & Bisnis]

1. Sebutkan dan jelaskan aliansi perdagangan regional yang Saudara ketahui, dan apa maksud tujuan dengan dibentuknya aliansi-aliansi perdagangan tersebut.
a. AFTA ( ASEAN Free Trade Area )
adalah sebuah persetujuan oleh ASEAN mengenai sektor produksi lokal di seluruh negara ASEAN yang bertujuan untuk :
- Meningkatkan daya saing ASEAN sebagai basis produksi dalam pasar dunia melalui penghapusan bea dan halangan non-bea dalam ASEAN
- Menarik investasi asing langsung ke ASEAN.

b. NAFTA (North American Free Trade Agreement)
adalah sebuah organisasi yang terdiri dari negara-negara Amerika Utara. Organisasi ini didirikan pada 1994 oleh tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Piagamnya menyatakan bahwa NAFTA bertugas mengkoordinasikan kegiatan ekonomi, termasuk hubungan niaga, komunikasi, kegiatan kebudayaan, kewarganegaraan, paspor, dan visa, kegiatan social, dan kegiatan kesehatan. Markas NAFTA berada di Washington D.C. Ottawa, dan Mexico City.
Tujuan dari NAFTA adalah penghapusan hambatan perdagangan bebas ( tarif, persyaratan izin import, tarif pengguna bea masuk ) untuk memperkuat kekuatan ekonomi ketiga negara tesebut.

c. MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)
MEE didirikan pada tahun 1957 berdasarkan perjanjian antarnegara Eropa Barat di Roma-Italia. MEE mengadakan kerja sama di bidang perdagangan dengan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia. Pada tanggal 4 April 1977 diselenggarakan konferensi di Brussel antara MEE dengan ASEAN untuk membahas kerja sama.
Tujuan MEE yang sekarang dikenal dengan istilah Pasaran Bersama Eropa (PBE) adalah sebagai berikut:
1) Memperoleh perkembangan yang harmonis dalam kegiatan ekonomi
antarnegara-negara anggota.
2) Meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya negara-negara
anggota.
3) Mempererat kerja sama ekonomi pada anggota-anggota MEE.

Sumber :
http://antoniusfelix-assignment.blogspot.com/2008/11/pengamenbis-pert-3-mengelola-dalam.html



2. Beberapa pendekatan digunakan oleh para manajer untuk mengelola perusahaan di lingkungan global. Sebutkan dan jelaskan pendekatan yang digunakan untuk mengelola bisnis global tersebut.

a. Global Outsourcing
berarti melakukan pembagian tenaga kerja secara internasional, sehingga proses manufaktur dapat dilakukan di negara yang memiliki sumber tenaga kerja dan pasokan yang paling murah, berasal dari negara manapun.

b. Ekspor - Impor
Pendekatan ini biasa dijalankan oleh perusahaan yang masih kecil karena investasi dan risiko terbilang cukup kecil. Dengan pendekatan ini perusahaan memproduksi produk di negara asal, kemudian mengekspor produk mereka ke negara lain , atau memilih membeli produk dari luar negri untuk di jual di negara asal nya.

c. Pemberian Lisensi (Lisencing) dan Waralaba (Franchising)
Pendekatan ini dilakukan dengan memberikan hak penuh untuk menggunakan merk, teknologi, atau spesifikasi produk perusahaan kepada pihak lain. Tentunya tidak semua perusahaan mau memberikan Lisensi / Waralaba , salahsatunya untuk menjaga nama baik perusahaan. Dengan pendekatan ini perusahaan mendapat imbalan berupa pembayaran sejumlah uang sekaligus (lump-sum payment) atau uang jasa (fee) yang biasanya berdasar pada penjualan. Perbedaan adalah bahwa pelisensian biasanya digunakan oleh perusahaan pabrikan dan pewaralabaan digunakan oleh organisasi jasa.

d. Aliansi Strategis (Strategic Alliances)
adalah kemitraan antara organisasi tertentu dan perusahaan asing dimana keduanya berbagi sumber daya dan pengetahuan guna mengembangkan produk baru atau membangun fasilitas produksi. Mitra tersebut juga berbagi resiko dan imbalan atas aliansi itu. Jenis aliansi strategis tertentu dimana para mitra setuju untuk membentuk organisasi yang terpisah dan independen untuk mencapai suatu tujuan bisnis disebut Usaha Patungan ( Joint Venture ).

e. Mendirikan Anak Perusahaan di Luar Negeri (Foreign Subsidiary),
Dengan pendekatan ini, perusahaan mendirikan anak perusahaan di luar negeri yang merupakan fasilitas produksi atau kantor yang terpisah dan independen. Anak perusahaan itu dapat dikelola sebagai MNC (pengendalian domestik), TNC (pengendalian asing), atau sebagai organisasi tanpa batas (pengendalian global).

f. Usaha Patungan (Joint Venture)
suatu perusahaan membagi biaya dan resiko bersama dengan perusahaan ialin, yang umumnya berasal dari negara tuan rumah, umtuk mengembangkan produk baru, membangun fasilitas produksi ataumembuat jaringan penjualan dan distribusi.

g. Perusahaan afiliasi luar negri yang dimilki penuh
(Wholly owned foreign affiliate), dimana perusahaan memiliki kontrol penuh terhadapnya. Bentuk investasi langsung yang paling mahal dan beresiko adalah Greenfield Venture


Sumber : http://www.scribd.com/doc/13564512/Mengelola-Dalam-Lingkungan-Global


3. Dalam mengelola perusahaan di lingkungan global terdapat lingkungan yang harus dipahami oleh para manajer global. Sebutkan dan jelaskan lingkungan yang harus dipelajari dan dipahami tersebut.
a. Lingkungan Politik dan Hukum
Dunia bisnis pasti berkaitan dengan sistem politik yang tidak dikenal, juga
pengawasan dan regulasi pemerintah yang lebih banyak, ketika mulai
memasuki pasar internasional.beberapa perhatian hukum-politik utama
yang mempengaruhi bisnis internasional adalah sbb :
Risiko Dan Instabilitas Politik .
Risiko Politik yang diartikan sebagai resiko kehilangan aktiva, daya untuk menghasilkan, atau control manajemen terkait dengan peristiwa atau tindakan yang berbasis politik oleh pemerintah negara tuan rumah. Resiko politik mencakup pengambilalihan properti oleh pemerintah, atau tindak kekerasan yang ditujukan kepada properti atau karyawan perusahaan. masalah bagi
perusahaan internasional lainnya yang sering terjadi adalah Instabilisasi
Politik seperti kerusuhan, revolusi, kekacauan sipil, dsb. Instabillitas
politik meningkatkan ketidakpastian dan mempengaruhi operasi sebuah
perusahaan internasional.
Hukum dan Regulasi
Hukum dan aturan pemerintah berbeda antara satu negara dengan negara lain, dan menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan internasional ketika melakukan kegiatan bisnis.perusahaan internasional ini harus mempelajari aturan dan mematuhinya. Perubahan paling jelas dalam faktor hukum- politik muncul dalam bentuk perdagangan internasional dan sistem aliansi dagang
internasional yang berbeda.

b. Lingkungan Ekonomi
Lingkungan ekonomi merupakan kondisi ekonomi di negara organisasi internasional beroperasi. Bagian dari lingkungan ini meliputi beberapa faktor, seperti perkembangan ekonomi, infrastruktur; pasar sumber daya dan produk; kurs nilai tukar; serta inflasi, tingkat suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi.
Perkembangan Ekonomi (Economic Development)
Perkembangan Ekonomi sangat berbeda- beda di berbagai negara dan wilayah di dunia. Sejumlah negara dapat digolongkan sebagai negara negara maju atau negara berkembang. Kriteria yang digunakan secara tradisional untuk menggolongkan negara sebagai negara maju atau berkembang adalah pendapatan per kapita, yaitu pendapatan yang diperoleh dari produksi barang dan jasa suatu Negara dibagi dengan jumlah penduduk. Infrastruktur(Fasilitas fisik suatu negara yang mendukung kegiatan ekonominya) mencakup fasilitas transportasi seperti bandar udara, jalan raya, dll; fasilitas komunikasi, seperti saluran telepon. Infrastruktur yang tidak berkembang menjadi peluang bagi beberapa perusahaan yang bisnisnya meliputi mesin jet, sistem pendingin udara, dll.
Pasar Sumber Daya Dan Produk
Ketika beroperasi di negara lain manajer perusahaan harus mengevaluasi permintaan pasar akan produk mereka. Jika permintaan pasar tinggi, manajer dapat memilih untuk mengekspor produk ke negara tersebut. Namun demikian, untuk membangun pabrik, pasar sumber daya untuk memasok bahan baku
dan tenaga kerja harus tersedia.
Kurs Nilai Tukar
Adalah Nilai yang menjadi dasar pertukaran mata uang satu dengan negara dengan negara lain. Perubahan kurs nilai tukar dapat menimbulkan implikasi yang besar terhadap keuntungan operasi internasional yang mempertukaran jutaan dollar ke dalam mata uang lain setiap harinya.

c. Lingkungan Sosial Budaya
Budaya suatu bangsa meliputi pengetahuan, keyakinan, nilai-nilai, serta model umum perilaku dan cara berpikir yang dianut bersama di antara anggota masyarakat. Budaya tidak berwujud, tersebar luas, dan sulit untuk dipelajari, merupakan hal-hal yang benar benar wajib bagi bisnis dan manajer internasional untuk memahami budaya lokal dan berhubungan secara efektif dengan budaya lokal setempat.
Nilai-nilai Sosial
Ada empat dimensi sistem nilai nasional yang mempengaruhi hubungan kerja organisasi dan karyawan, antara lain :
1.Jarak Kekuasaan (Power Distance). Jarak kekuasaan yang tinggi berarti orang menerima ketidaksetaraan kekuasaan di antara institusi,organisasi, dan orang. Jarak kekuasaan yang paling rendah berarti orang mengharapkan kesetaraan dalam kesempurnaan,
2.Penghindaran Ketidakpastian (Uncertainty avoidance). Berarti anggota dalam suatu masyarakat merasa tidak nyaman dengan ketidakpastian dan ambiguitas, sehingga mendukung keyakinan yang menjanjikan kepastian dan kecocokan.
3.Individualisme dan kolektivisme (Individualism and collectivism). Individualisme mencerminkan nilai terhadap ikatan kerangka social yang longgar, di mana masing-masing orang diharapkan untuk mengurus diri mereka sendiri. Kolektivisme berarti preferensi terhadap ikatan kerangka sosial yang sangat ketat, dimana setiap individu meperhatikan satu sama lain dan organisasi melindungi kepentingan anggotanya.
4.Maskulinisme/Feminisme(Maskulinity/Femininity).Maskulinitas ,berpusat pada pekerjaan dan keberhasilan dalam hal materi. Feminisme mencerminkan nilai nilai hubungan, kerjasama, dan pengambilan keputusan terhadap keputusan dalam kelompok, dan kualitas hidup.
5. Orientasi Jangka Panjang (Long Term Orientation) versus Orientasi Jangka Pendek (Short Term Orientation). Orientasi jangka panjang mencakup perhatian yang lebih besar terhadap masa depan dan sangat menghargai sikap hemat dan kerja keras. Orientasi jangka pendek mencakup perhatian terhadap masa lalu dan masa kini, serta menempatkan nilai yang tinggi terhadap tradisi dan pemenuhan kewajiban sosial.
Karakteristik Budaya Lainnya
Karakteristik budaya lainnya yang mempengaruhi organisasi internasional
lainnya adalah bahasa, agama, tingkah laku, organisasi sosial, dan pendidikan. Tingkah laku yang disebut sebagaiEthnosentr is mengandung arti memiliki kecenderungan untuk menganggap budaya sendiri lebih unggul dan memandang rendah budaya lainnya, dan ini akan berimbas kepada sulitnya sebuah perusahaan asing untuk beroperasi di dalam suatu negara.


Sumber : http://www.scribd.com/doc/13564512/Mengelola-Dalam-Lingkungan-Global


4. Menurut Saudara apakah negara kita sudah siap untuk bergabung dalam kelompok AFTA? Jelaskan.

Belum,
Karena hingga saat ini kondisi perekonomian di Indonesia masih terbilang labil , misalnya saja sekarang kondisi perekonomian sudah cukup baik, namun bisa saja tiba-tiba kondisi menurun ketika terjadi suatu peristiwa seperti kejadian terorisme, gagal panen, bahkan saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan dimana biasanya harga-harga (khususnya sembako) melonjak. Tidak stabilnya perekonomian di Indonesia membuat Investor ragu untuk menanamkan modalnya.
Indonesia juga masih terbilang lemah dalam bidang produktivitas dan retribusi. Salahsatunya dalam segi kualitas yang belum mampu bersaing dengan Negara lain. Ditambah dengan masih banyaknya masyarakat yang lebih memilih menggunakan produk luar negri dibandingkan produk negaranya sendiri. Hal itu tentunya memberi efek buruk kepada rakyat kecil (seperti petani, nelayan,dll ) yang merupakan kelompok penting dalam produksi. Semangat produktivitas mereka tentunya semakin berkurang, akibatnya produktifitas dan nilai ekspor Negara kita tidak mampu bersaing dengan Negara tetangga.
Manajemen pemerintahan di Indonesia juga masih harus dibenahi karena saat ini kebijakan-kebijakan yang diambil pemertintah kurang memperhatikan tujuan jangka panjang.

----------------------------------------------------------------------------------
Coca-Cola
----------------------------------------------------------------------------------
Coca-Cola atau Coke adalah minuman bersoda kola yang dijual di berbagai restoran, toko, dan mesin pengecer di lebih dari 200 negara. Minuman ini diproduksi oleh The Coca-Cola Company. Coke adalah salah satu merek yang paling dikenal dan paling luas penjualannya. Saingan utamanya adalah Pepsi.

Coca-Cola ditemukan pada bulan Mei 1886 oleh Dr. John S. Pemberton di Atlanta, Georgia. Nama "Coca-Cola" sendiri disarankan oleh pegawai pembukuannya, Frank Robinson, yang merancang tulisan Coca-Cola dalam huruf bersambung yang terkenal hingga sekarang. Coca-Cola pertama kali dijual dengan mesin soda fountain di Jacob's Pharmacy di Atlanta oleh Willis Venable.

Di tahun pertama, penjualan Coca-Cola sekitar 9 gelas perhari dan terus meningkat, sehingga selama setahun total penjualannya mencapai $50. Tetapi karena biaya yang dikeluarkan mencapai $70, Dr. Pemberton sempat merugi.

Kini, konsumsi produk-produk dari The Coca-Cola Company diperkirakan mencapai satu milyar sajian per hari. Semua kesuksesan itu tentu tidak lepas dari manajemen dan pendekatan global yang tepat.


Analisa

Saat ini Coca-Cola sudah merambah hingga seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam mengembangkan perusahaan nya, Coca-Cola menggunakan Pendekatan Lisensi , yaitu dengan memberikan hak penuh yaitu dengan memberikan hak penuh untuk menggunakan merk, teknologi, atau spesifikasi produk perusahaan kepada pihak lain.

Coca-cola sudah diproduksi di setiap negara yang memiliki lisensi. Dalam proses produksi, tentunya menyesuaikan rasa sesuai dengan cita rasa dan lidah masing-masing negara.

Di beberapa negara coca-cola juga melakukan pendekatan Joint Venture, seperti di Indonesia misalnya, didirikan Coca-Cola Bottling Indonesia yang merupakan nama dagang yang terdiri dari perusahaan-perusahaan patungan (joint venture) antara perusahaan-perusahaan lokal yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha independen dan Coca-Cola Amatil Limited, yang merupakan salah satu produsen dan distributor terbesar produk-produk Coca-Cola di dunia.

Dengan pendekatan global yang tepat, bisa kita lihat betapa besarnya perusahaan ini sekarang. Hampir setiap orang di dunia mengetahui Coca-Cola.


Sumber :
http://www.coca-cola.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Coca-Cola
http://www.coca-colabottling.co.id/ina/ourcompany/index.php

11 comments:

  1. Saya setuju dengan saudara Leonard. Cara coca-cola merambah pasar dnia sangatlah efektif, yaitu meberikan keleluasaan kepada "cabang" / partnernya di negara lain sehingga perusaahn d luar negeri tersebut merasa di untungkan sehingga lebih maximal. Coca- cola sudah first mind d pikiran orang-orang di sluruh dunia bila di tanya apa minuman soda favorit anda.

    ReplyDelete
  2. Treadmills only perform your decrease human body,
    but an elliptical will movable arm handles will give a reduce and upper human body exercise routine simultaneously.


    Also visit my web site bowflex dumbbells 552

    ReplyDelete
  3. The most beneficial tools may be the equipment that actually works for you personally.


    Also visit my website: http://Www.Getfitnstrong.com/adjustable-dumbbells/dumbbells-sale-further/

    ReplyDelete
  4. There are several brands to pick from all with their particular special models, and this will make the
    choice a little bit overpowering.

    Here is my page - Suggested Website

    ReplyDelete
  5. Transforming weights together with the flip of the dial is not
    hard and owning the selection of quite a few
    pounds combination's, all within a solitary bit of products, is often a good usefulness.

    my website; simply click the following page

    ReplyDelete
  6. They can be really hypoallergenic and super lightweight.


    Feel free to surf to my site bowflex for sale

    ReplyDelete
  7. At any time wonder what the difference is in between those devices as
    well as the Bowflex physical exercise devices you often see on TV commercials?


    Look into my web page :: http://www.getfitnstrong.com/

    ReplyDelete
  8. They are small, but loaded with impressive functionality and
    refined types.

    My web-site :: cheap adjustable dumbbells

    ReplyDelete
  9. Instead, consider getting a bodyweight machine that
    offers both upper- and lower-body exercise routines.


    Feel free to visit my homepage: adjustable dumbbells

    ReplyDelete
  10. Significantly hoopla surrounds fashionable exercise routine equipment,
    as viewed in infomercials.

    My web site - bowflex dumbbells 552

    ReplyDelete
  11. To choose a bodyweight all you do is change the dial knob until it clicks into position with the pounds you'd like, then elevate the take care of.

    Feel free to surf to my web site :: similar internet page

    ReplyDelete