Saturday, August 28, 2010

Mengenal Spesifikasi Komputer [Pengantar Teknologi dan Informasi]

Spesifikasi Acer Aspire M3910 Core i5

1. Processor: Intel Core i5-650 (3.20 GHz, 4MB)
Processor diibaratkan seperti otak manusia, yang berfungsi untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan.
PC Acer Aspire M3910 Core i5 memiliki processor Intel Core i5-650 , dengan kecepatan proses computer 3.20 Ghz, dan 4mb itu menunjukan memori cache PC tersebut sebesar 4 mb. Cache berfungsi untuk menyimpan data dari memori ram untuk di proses oleh prosesor.

2. Chipset: Intel H57 Express Chipset
Chipset adalah prosesor yang terdapat di mother board, biasanya terdapat 2 chipset pada mother board komputer, yaitu north bridge (utara) dan south bridge (selatan). Pada intel H57 ini hanya terdapat satu aja yaitu north bridge, dan semuanya terintegrasi di sini.

3. Operating System: Window 7 Home Premium

Operasi system adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Operasi system yang digunakan di Perangkat ini adalah Windows 7 Home premium, yang merupakan Operasi system terbaru dari Windows sebagai pembaharuan dari vista.

4. Memory: 2GB DDR3SDRAM 1333Mhz
2GB Menandakan besarnya kapasitas untuk menyimpan data yang akan diproses oleh prosesor. DDR3SDRAM adalah kepanjangan dari Double Data Rate Three Synchronous Dynamic Random Access Memory.


5. Hard Drive: 1TB HDD SATA
Menunjukan besar kapasitas Hard Drive sebesar 1Terabyte. Hard disk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar . Data yang telah tersimpan di dalam harddisk dapat dibuka, dilihat, di-edit, maupun dihapus.

6. Optical: DVDRW SuperMulti Drive
Menunjukkan jenis optic yang digunakan untuk membaca disk seperti CD,DVD,Blueray,dll. Optic yang digunakan pada PC ini adalah DVDRW Super Multi Drive yang sudah support DVD+RW, DVD-RW, DVD+R DL, DVD+R, DVD-R, DVD-RAM, CD-R, CD-RW.

7. Display: 15.6 inch LCD
Menunjukkan ukuran layar monitor, 15.6 inch adalah panjang diagonal layar, tipe layer yang digunakan adalah LCD.

8. Video Card: Intel HD Graphics with 1.70GB of video memory
Video Card adalah perangkat yang menghubungkan motherboard dengan monitor. Semakin besar memory Video card, semakin cepat pula proses penampilan gambar di monitor. Kapasitas 1.70GB sepertinya sudah sangat cukup untuk menampilkan gambar dengan resolusi yang baik.

9. Ethernet: Gigabit Ethernet
adalah istilah untuk menjelaskan berbagai teknologi transmisi frame Ethernet di tingkat yang gigabit per detik, seperti yang ditetapkan oleh standar IEEE 802,3-2.005.

10. Modem: Modem 56Kbps
Menunjukkan kecepatan modem internal dalam melakukan koneksi internet.

11. PC Card Slot: 2x PCIe x16, PCIe x1, PCI
Menunjukkan jenis PC Card yang di support dan dapat terbaca oleh PC, seperti modem, memory,dll.

12. Audio: Speaker
Menunjukkan perangkat audio yang digunakan adalah speaker. Jika tidak puas dengan speaker bawaan, kita bias menambahkan speaker lain yang jenisnya banyak terdapat di pasaran.

13. I/O Ports: 10x USB 2.0, VGA, LAN, Audio, HDMI
I/O Ports berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti pada keyboard, mouse paralel/serial ataupun USB. Contohnya koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner, modem, dll.


14. Battery: 251 Watt
Menunjukkan besarnya daya baterai yang digunakan PC tersebut sebesar 251 watt. Baterai pada PC bersifat optional. Artinya bisa saja tidak digunakan apabila tersedia aliran listrik di sekitar user untuk menghidupkan PC dengan/tanpa adaptor.

15. Size (WxDxH)mm: 181 x 401.8 x 379 mm
Informasi ini menunjukkan dimensi / ukuran CPU.

16. Warranty: 2 year warranty
Adalah masa garansi yang diberikan oleh provider. Biasanya apabila terjadi kerusakan selama masa garansi masih berlaku, kita dapat memperbaiki dengan Cuma-Cuma, tentunya di gerai tertentu dan berdasarkan ketentuan yang berlaku.


Sumber :
http://www.bhinneka.com/products/sku00609054/extron__works_d540_%28pd53%29.aspx
http://www.semasajaya.sch.id/v1/content/view/154/67/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
http://id.wikipedia.org/wiki/Ethernet
http://www.anneahira.com/komputer/hardware-komputer.htm

No comments:

Post a Comment