Sunday, August 29, 2010

Aplikasi Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari [Pengantar Teknoloogi Informasi]

MOBILE USER



Pengertian Umum


Dalam penggunaan komputer, jenis Mobile User adalah pengguna komputer yang lebih mengandalkan koneksi internet dalam kegiatan sehari-hari. Biasanya jenis Mobile User sering berpindah-pindah dan tidak terpaut pada satu tempat untuk mengoperasikan perangkat komputer. Oleh karena itu tentu jenis Mobile User ini membutuhkan perangkat yang bersifat portable dan ringkas.

Karakteristik Mobile User

Adapun ciri atau karakteristik dari Mobile User , antara lain :

1.Tidak dibatasi oleh tempat dan waktu
Artinya user sering berpindah-pindah, tempat penggunaan komputer tidak menentu, waktu pengoperasian juga lebih fleksibel.

2. Spesifikasi Komputer / perangkat standar
Mobile user tidak membutuhkan spesifikasi komputer / perangkat yang terlalu spesifik, cukup support internet browser, wifi enable, office, media dan spesifikasi dasar lainnya.

3. Hanya Dilengkapi Hardware Seadanya
Mobile user tidak terlalu membutuhkan banyak perlengkapan, cukup dengan modem internet atau sambungan WiFi, pengguna sudah dapat melakukan aktifitasnya dengan lancar.

4. Pengetahuan Akan Komputer Hanya Sebatas Pengetahuan Dasar/Umum.
Mobile user tidak terlalu memerlukan pengetahuan mendalam dan spesifik tentang komputer. Cukup dengan mengetahui cara pengoperasian dasar perangkat , memulai sambungan internet, dan pengoperasian situs web.


Perangkat yang digunakan


Berikut ini jenis Hardware yang umumnya digunakan oleh Mobile User :
1.Notebook
Notebook merupakan desktop komputer versi portable, jadi fungsi dan fiturnya serupa dengan Desktop Komputer. Netbook dapat dibawa kemana-mana, sehingga user dapat melakukan aktifitas nya tanpa terbatas tempat.

2. Netbook
Netbook hampir mirip dengan Notebook, hanya saja berukuran lebih kecil dan lebih diprioritaskan untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan internet. Selain itu netbook juga tidak dapat digunakan untuk melakukan kegiatan berat (seperti image editing & game berat). Bagi mobile user, netbook rasanya sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktifitas.

3. PDA
Adalah perangkat berbasis komputer dan berbentuk kecil,PDA dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain.

4. SmartPhone
Smartphone hampir mirip dengan PDA, namun lebih ditujukan untuk melakukan koneksi melalui panggilan telepon, SMS,dll. Saat ini fitur smartphone sudah semakin maju, dan banyak yang sudah mendukung fitur internet dan multimedia. Contoh : Blackberry , iPhone, Android phone.

5. PC Tablet
Tablet PC adalah laptop - atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer. Saat ini sudah ada PC tablet yang dapat dioperasikan tanpa stylus, cukup dengan jari. Contoh : iPad apple.

Perlengkapan Hardware yang digunakan

1.Modem Internet
Adalah perlengkapan yang digunakan untuk melakukan sambungan internet. Modem yang sering digunakan biasanya berjenis USB modem yang menggunakan SIM Card. Modem penting untuk mobile user agar tetap dapat terhubung dengan internet meski tanpa jaringan wifi.

2. Video Projector
Adalah alat yang digunakan untuk menampilkan video dari komputer ke bidang yang lebih luas seperti dinding, papan tulis, dan sejenisnya.

3. Kabel Data dan Card Reader
Digunakan untuk memindahkan data / file dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

4. USB Flashdisk dan Memory Card
Digunakan sebagai media penyimpanan file yang baru di download dari internet.

5. Headphone dan Handfree
Adalah perangkat output pengganti speaker yang digunakan untuk mendengarkan file berbentuk suara, misalnya musik atau voice note. Mobile User menggunakan Headphone atau Handfree karena lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana, sehingga tidak perlu lagi membawa speaker yang berukuran besar.

Software yang Digunakan

A.WEB Browser
Adalah aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi situs–situs internet. Contoh aplikasi WEB Browser :

1.Moziila Firefox , merupakan software WEB Browser keluaran Mozzila , kelebihannya adalah respon sif dan kecepatannya dalam menampilkan situs.

2.Internet Explorer , merupakan WEB Browser bawaan (default) dari Windows OS, kelebihannya adalah user friendly interface.

3.Opera (PC) dan Opera Mini (mobile phone) , merupakan WEB browser keluaran Opera yang terkenal dengan kemampuan kompresi page, sehingga ukuran page menjadi lebih kecil dan memakan kuota data yang lebih sedikit.

4. Safari , merupakan WEB Browser khas Machintos OS yang unggul dalam segi penampilan.

5. Netscape Browser , yang memiliki fitur Anti-Spyware Protection, Dynamic Security Center dan Profile Manager

6. Avant, yang memiliki fitur Browse multiple Web sites simultaneously dan mem-blok Pop-up yang tidak diinginkan.

7. BOLT Browser, adalah aplikasi WEB browser yang ditujukan kepada pengguna smartphone. Kelebihan BOLT disbanding Opera Mini adalah kemampuannya menampilkan Page yang sama persis dengan yang ditampilkan di computer.


B. Business
Adalah aplikasi yang digunakan untuk keperluan bisnis seperti pengolahan kata, pembuatan laporan, presentasi, memo, penerjemah,dll. Contoh aplikasi Bisnis antara lain :

1. Microsoft Office , adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan Powerpoint.

2. Document to Go, adalah aplikasi serupa Microsoft office, yang dikhususkan untuk perangkat smartphone yang memiliki OS seperti Symbian dan Blackberry.

3. Notepad, adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat catatan dalam bentuk text sederhana. Saat ini hampir seluruh smartphone juga sudah memiliki fitur ini.

4. Calculator, digunakan sebagai alat Bantu menghitung angka.

5. Translator, adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu user menerjemahkan kata bahasa asing. Mobile user biasa mengandalkan aplikasi ini apabila menemukan bahasa asing saat berselancar di dunia maya. Contoh aplikasi translator yang sering digunakan adalah google translator.


C. Personal Information Manager

1. Reminder, adalah aplikasi yang digunakan sebagai pengingat jadwal-jadwal penting.

2. Task Manager, adalah aplikasi untuk menyusun kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan, dan ketika kegiatan sudah selesai,user dapat memberi tanda yang menyatakan bahwa kegiatan tersebut sudah diselesaikan.

3. Alarm , adalah pengingat waktu yang dapat berupa tanda suara maupun getaran.

4. Calender, merupakan aplikasi untuk menunjukan penanggalan hari, bulan, dan tahun. Biasanya kita juga bias menambahkan catatan-catatan pada tanggal tertentu.

5. Address Book, untuk menyimpan informasi kontak mulai dari nomor telepon, email, alamat, dll.

6. Password Keeper, untuk menyimpan atau mencatat PIN / password dari account-account penting seperti Account bank, Account PayPal,dll. Biasa Password Keeper dilengkapi dengan perlindungan Password, sehingga hanya user yang mengetahui password yang bias mengakses / membukanya


D. Email

Kepanjangan dari Electronic Mail, yang fungsinya adalah mengirim dan menerima pesan elektronik melalui jaringan internet. Email dapat digunakan melalui online ke Situs Mail seperti Yahoo,hotmail,dll. Dapat juga menggunakan aplikasi ,misalnya Thuderbird dari mozilla. PDA dan Smartphone juga memiliki fungsi email, bahkan tipe Smartphone tertentu seperti Blackberry sudah memiliki fitur “Push Email” yang memungkinkan user mendapatkan notifikasi ketika ada email baru, tanpa harus melakukan pengecekan online. User dapat menyertakan / melampirkan file-file semisal gambar, suara,dll saat ingin mengirim email.



E. Instant Messaging

adalah aplikasi messaging yang digunakan untuk melakukan obrolan / percakapan singkat (chat) via koneksi internet.

1.Yahoo Messenger , adalah aplikasi messenger yang ditujukan untuk user yang memiliki account di situs yahoo! , messenger ini dilengkapi dengan fitur pengiriman file, Display Picture, Voice Call, SMS, WEB Cam, dll.

2. MSN Messenger , adalah aplikasi sejenis yahoo messenger, namun dikhususkan bagi pemilik account hotmail dan MSN.

3. Google Talk , aplikasi sejenis YM dan MSN yang ditujukan pabi pemilik account google.

4. AIM, ICQ, Jabber/XMPP , merupakan contoh lain yang serupa dengan contoh diatas, namun ditujukan untuk masing-masing account.

Selain beberapa contoh aplikasi Instant Messenger yang khusus ditujukan untuk masing-masing pemilik account, ada juga beberapa aplikasi instant messenger yang bersifat all in one, artinya hanya dengan 1 aplikasi, user dapat melakukan kegiatan messaging dengan banyak account berbeda. Keunggulannya tentu lebih praktis dan hemat memory device. Contoh aplikasi tersebut :

1. Digsby
Aplikasi ini dapat dipakai untuk chatting dengan AIM, MSN, Yahoo, ICQ, Google Talk, dan Jabber secara bersamaan. Dengan fitur Log conversation histor, maka kita dapat melihat kembali pembicaraan yang telah kita lakukan. Seperti halnya YM, Digsby juga akan memberikan peringatan jika ada email baru masuk yang ada di Hotmail, Gmail, Yahoo Mail, AOL/AIM Mail, IMAP, dan POP accounts. Jika punya account di Facebook, Twitter, atau MySpace juga akan ada peringatan ada friends request, pesan, dan juga group invites. Digsby hanya untuk pengguna Windows.

2. Pidgin
Seperti halnya digsby, Pidgin dapat digunakan untuk chatting menggunakan beberapa layanan chatting sekaligus. Pidgin dapat digunakan untuk AIM, ICQ, Jabber/XMPP, MSN Messenger, Yahoo!, Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Novell GroupWise Messenger, QQ, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE, MySpaceIM, dan Zephyr. Yang menarik adalah bahwa aplikasi ini bisa diinstall plugin layaknya Firefox untuk menambahkan fitur-fitur baru. Pidgin bisa digunakan di Windows dan Linux.

3. Adium
Adium bisa digunkan untuk chatting dengan AOL, Jabber, MSN, Yahoo! Messenger, Bonjour, MySpace IM, Gadu-Gadu, Novell Groupwise, QQ, Lotus Sametime. ADium juga bisa digunakan melakukan video chat seperti hanya di YM. Sayangnya Adium hanya bisa digunkan di Mac OS.

4. Trillian
Trillian mendukung AIM, ICQ, MSN, Yahoo Messenger, and IRC. Fitur-fiturnya anatara lain contact message history, a powerful skinning language, tabbed messaging, global status changes (set all networks away at once), Instant Lookup (automatic Wikipedia integration), dan contact alerts. Trillian saat ini sudah support windows, iPhone dan Blackberry.

F. Network Society
Pada beberapa jenis Smartphone ber OS seperti Symbian, Blackberry, dan Android , terdapat aplikasi Network Society / jejaring social yang memungkinkan user tidak perlu lagi membuka website yang bersangkutan. Tentunya aplikasi ini lebih praktis. Contoh aplikasi Network Society untuk Smartphone Blackberry :

1. Facebook, aplikasi jejaring sosial paling populer belakangan ini. Pilihan tepat bagi Anda yang gemar ber-facebook ria via BB.

2. FourSquare , aplikasi baru yang sedang “in” di kalangan anak muda ini memungkinkan user untuk melakukan check-in di setiap tempat yang dikunjungi, dan memberitahukan kepada teman lain.

3. Loopt, aplikasi photo share yang memungkinan user berbagi foto dan komentar

4. MySpace, aplikasi MySpace versi BlackBerry ini sama seperti versi PC. Banyak fitur yang berjalan pada versi mobilenya.

5. Qik Livestreaming, aplikasi video streaming yang dapat dilakukan melalui sebuah BlackBerry. Kualitas videonya pun lumayan bagus.

6. Snap2Twitter, saat user mengambil gambar, mereka dapat langsung meng-upload di twitter profile dan menambahkan text melalui aplikasi ini.

7. SnapMyLife, aplikasi ini sama seperti Snap2Twitter. Memungkinkan user saling bertukar foto.

8. TwitterBerry, salah satu aplikasi Twitter client paling populer di BlackBerry. Jika Anda maniak twitter, aplikasi ini wajib dimiliki.

9. UberTwitter, aplikasi Twitter Client lainnya yang juga populer. Memungkinkan user untuk menjalankan fitur penuh twitter.

10. Visible Vote Mobile, aplikasi jejaring sosial yang memungkinakan user saling menilai foto ataupun video yang telah di up-load.

11. Where, fitur pencari lokasi berbasis BlackBerry GPS. Cocok bagi Anda para "traveler".

12. Xenozu, aplikasi yang dapat menjalankan YouTube di BlackBerry.

13. Yatca, aplikasi twitter client yang lebih simple dari TwitterBerry dan UberTwitter.




Contoh Mobile User


1. Pelajar / Mahasiswa
Pelajar / mahasiswa adalah mobile user yang biasanya lebih banyak menggunakan aplikasi jenis Instant Messaging, Network Society,dan Web browser. Tentunya di usia yang terbilang muda, mereka senang bersosialisasi dengan banyak orang.

2. Eksekutif dengan mobilitas tinggi
Para eksekutif yang sering melakukan perjalanan bisnis tentu membutuhkan perangkat mobile yang dapat dibawa untuk menemani di dalam perjalanan, sehingga dapat tetap menyelesaikan pekerjaan meski sedang tidak berada di kantor. Aplikasi yang lebih sering digunakan adalah : Business, email, Personal Information Manager, dan Instant Messaging.

3. Staff Marketing Sales dan Marketing biasanya selalu melakukan penawaran kepada customer, baik itu secara langsung (meet) atau jarak jauh. Untuk mendukung aktifitas mereka, tentunya mereka membutuhkan perangkat yang praktis. Misalnya untuk melakukan prospek / presentasi penawaran kepada customer, melakukan komunikasi dengan customer,dll. Aplikasi yang sering digunakan adalah Business , email , Instant Messaging, dan Personal Information Manager.

4. Pedagang Online
Adalah pedagang yang menawarkan dan mempromosikan dagangan-nya melalui system online/internet. Mereka membutuhkan perangkat mobile untuk menanggapi customer, mengupload foto produk baru, dan meng-update stock barang. Aplikasi yang sering digunakan adalah Instant Messaging,Email,Browser, dan Network Society.




Kesimpulan

Mobile User adalah pengguna komputer yang lebih mengandalkan koneksi internet dalam kegiatan sehari-hari. Biasanya jenis Mobile User sering berpindah-pindah dan tidak terpaut pada satu tempat . Mobile User Tidak dibatasi oleh tempat dan waktu , menggunakan Komputer / perangkat dengan Spesifikasi standar , Hanya Dilengkapi Hardware Seadanya, dan Pengetahuan Akan Komputer Hanya Sebatas Pengetahuan Dasar/Umum.
Jenis perangkat yang biasanya digunakan adalah Notebook ,Netbook,PDA, Smartphone, dan PC tablet yang didukung koneksi internet. Software yang sering digunakan adalah jenis WEB Browser, Bisnis, Email, Personal Information manager, IM, dan Network society. Contoh Mobile user adala hPelajar/mahasiswa, Eksekutif dengan mobilitas tinggi, staff marketing, dan pedagang online.


Sumber Pendukung

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office
http://id.wikipedia.org/wiki/Personal_Digital_Assistant
http://id.wikipedia.org/wiki/Tablet_PC
http://www.amzanimokhtar.com/web-browser-terbaik-untuk-%E2%80%98surfing%E2%80%99-di-internet/
http://www.ismartshare.com/aplikasi-internet-messagging-terbaik.html
http://www.detikinet.com/read/2009/05/01/085936/1124338/731/13-aplikasi-jejaring-sosial-untuk-bb



My Blog
http://LeonardSL.Blogspot.com

Struktur organisasi [Pengantar Manajemen dan Bisnis]

1. Apakah struktur organisasi itu masih relevan bagi organisasi dalam dunia yang sangat maju ini?
Tentu saja masih,
Struktur organisasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi baik itu yang sedang berkembang maupun yang sudah maju. Saya ambil contoh Perusahaan. Dalam dunia yang semakin maju seperti saat ini, justru semakin banyak pula perusahaan besar yang maju. Perusahaan tersebut (khususnya perusahaan besar) membutuhkan struktur organisasi sebagai kerangka penopang untuk dapat menjalankan kegiatan perusahaan dengan baik dan mencapai tujuan perusahaan yang terarah. Tanpa Struktur organisasi, perusahaan akan mengalami berbagai kesulitan. Kesulitan tersebut misalnya saja : pembagian kerja yang tidak teratur menyebabkan terjadinya kerangkapan, usaha yang sia-sia, konflik, dan penyalahgunaan sumber daya ; kegiatan kerja tak terkendali ; komunikasi kurang baik antar pekerja, yang pada akhirnya hanya menjadi penghalang dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Berikut ini saya lampirkan contoh bagan struktur organisasi salah satu perusahaan besar yang hingga saat ini tetap menggunakan struktur organisasi, yaitu PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk.
dari contoh di atas kita dapat melihat betapa teratur nya struktur organisasi PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA ,Tbk. Dimana tugas perusahaan dibagi secara terpisah dengan rantai komando dan rentang kendali yang telah disusun. Dapat kita lihat pula terdapat banyak divisi dan anak perusahaan, Tanpa struktur yang jelas, tentu divisi-divisi dan anak perusahaan tersebut tidak akan terkendali dengan maksimal.
Tidak hanya perusahaan/organisasi besar yang memerlukan struktur organisasi, organisasi kecil / berkembang juga memerlukannya. Salah satu contohnya adalah Sekolah. Sekolah memiliki struktur organisasi yaitu:
Kepala Sekolah -> Wakil KepSek ->Sekretaris & Tata Usaha -> Guru -> Murid
Kesimpulannya, semaju apapun dunia , struktur organisasi tetap akan selalu dibutuhkan karena fungsinya yang dapat mendukung kelancaran kegiatan organisasi.

Sumbe pendukungr : http://dspace.widyatama.ac.id/bitstream/handle/10364/604/struktur.pdf?sequence=1

2. Kebanyakan orang berpendapat bahwa organisasi pemerintahan itu sangat lamban bila dibandingkan dengan organisasi perusahaan swasta. Bagaimana pendapat Saudara?

Saya setuju dengan pendapat tersebut. Memang terlihat perkembangan organisasi pemerintah lebih lamban daripada swasta. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan organisasi pemerintahan masih menganut ciri Organisasi mekanistis, dimana struktur organisasi perusahaan dikendalikan secara kaku dan ketat. Struktur itu dicirikan oleh tingginya spesialisasi, departementalisasi yang kaku, sempitnya rentang kendali, tingginya formalisasi, terbatasnya jaringan informasi , dan sedikitnya partisipasi dalam pengambilan keputusan oleh karyawan tingkat rendah . Hal tersebut menyebabkan organisasi pemerintah kurang memperhatikan keadaan dan pendapat golongan luar (dalam hal ini masyarakat) dan menutup diri dari masukan-masukan pihak lain. Padahal, sama seperti manusia, sebuah organisasi apabila ingin terus berkembang harus selalu melakukan pembelajaran dan menerima masukan dari berbagai pihak.
Sebagai contoh adalah kasus konversi Minyak tanah ke LPG yang dilakukan oleh PERTAMINA. Sebelum menetapkan kebijakan, pemerintah hanya melakukan perundingan antar petinggi-petinggi Negara. Mereka tidak melakukan survei terhadap masyarakat, apakah masyarakat setuju. Tiba-tiba saja diumumkan kebijakan tersebut. Kita dapat melihat bagaimana kondisi saat ini, masih banyak saja golongan masyarakat yang tidak setuju, ditambah dengan sering terjadi nya bencana kebakaran belakangan ini, yang diteliti sumber nya disebabkan oleh ledakan tabung gas LPG.
Selain itu, contoh lainnya adalah Trans Jakarta, pembangunan di beberapa koridor terasa sangat lambat. Beberapa koridor seperti yang dapat ditemukan di kawasan Pluit,Jakarta. Sampai sekarang belum ada tanda-tanda aktifitas pengoperasian Trans Jakarta tersebut. Selain alasan pergantian gubernur ,belakangan diketahui salah satu penyebab kelambanan tersebut adalah penentangan warga sekitar yang menganggap Operasi Trans Jakarta di daerah tersebut akan menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas. Andai saja sebelum menentukan rute koridor, pemerintah melakukan survei dan meminta pendapat warga sekitar (melalui perwakilan), setidaknya pembangunan tersebut tidak akan sia-sia dan berhenti di tengah jalan
Melihat kedua contoh kecil tersebut, tidak heran apabila saat ini banyak masyarakat yang menganggap pemerintah lamban.

3. Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara organisasi mekanistik dan organisasi organik itu!



Pengertian Umum

Organisasi Mekanistis (mechanistic organization), adalah struktur organisasi yang
dikendalikan secara kaku dan ketat.
Organisasi Organis (organic organization), adalah struktur organisasi yang amat fleksibel dan mudah
di ubah.

Tabel Perbedaan Mekanistis dan Organis
No. Variabel Pembeda Mekanistis Organis
1 Fleksibilitas Kaku dan stabil Dinamis
2. Pembagian kerja terstandarisasi Tidak terstandarisasi
3. Pengambilan Keputusan Sentralisasi Desentralisasi
4. Pengawasan terhadap Karyawan Masih perlu pengawasan langsung yang ketat Terampil dan terlatih, pengawasan tidak perlu terlalu ketat
5. Sifat Pekerjaan Rutin Berubah-ubah
6. Struktur Biokratik Team work
7. Formalisasi tinggi rendah


Penjelasan
1.Fleksibilitas
Organisasi Mekanistis dikendalikan secara kaku dan stabil, tidak mudah berubah ,dan lebih tertutup akan pengaruh lingkungan sekitar organisasi. Sedangkan Organisasi organis lebih fleksibel, tidak kaku / ketat, bersifat dinamis, mudah berubah dan manyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

2. Pembagian Kerja
Organisasi Mekanistis memiliki pembagian kerja yang terstandarisasi dan didasarkan oleh peraturan, tatanan,dan kendali yang jelas. Dengan kata lain masing-masing karyawan sudah memiliki tugas masing-masing dan dituntut untuk mampu mencapai target tertentu. Berbeda dengan Organisasi Organis yang juga memiliki pembagian kerja, tetapi pekerjaan yang dilakukan karyawan itu tidak distandarisasi, Sehingga karyawan lebih leluasa untuk melakukan kegiatan kerja yang diperlukan untuk merampungkan seluruh pekerjaan, serta dapat bekerja sama atau bertukar pikiran dengan rekan pekerja lainnya untuk menghasilkan output yang lebih maksimal.

3. Pengambilan Keputusan
Pada organisasi mekanistis, proses pengambilan keputusan bersifat sentralisasi, dimana pihak manajemen puncak mengambil keputusan penting organisasi tersebut dengan sedikit atau tanpa masukan dari para karyawan tingkat bawah.
Sedangkan pada organisasi orgasnis, proses pengambilan keputusan bersifat desentralisasi, dimana pada proses pengambilan keputusan, manajemen atas menerima masukan dan pendapat dari karyawan tingkat bawah, atau bahkan benar-benar mengikuti apa yang disarankan oleh karyawan tingkat bawah.

4. Pengawasan terhadap karyawan
Pada organisasi mekanistis, pengawasan terhadap kegiatan kerja karyawan benar-benar diawasi langsung oleh manajer. Hal tersebut dimaksudkan agar proses kerja lebih terarah. Sedangkan pada Organisasi organis, Pengawasan yang dilakukan tidak perlu terlalu ketat, karena keterampilan dan pelatihan mereka yang tinggi serta dukungan yang diberikan oleh para anggota tim lain membuat kendali manajerial yang ketat menjadi tidak terlalu diperlukan.

5. Sifat Pekerjaan
Pada organisasi mekanistis, pekerjaan bersifat rutin, artinya selalu sama dan terus menerus dalam jangka waktu panjang, misalnya seorang akuntan akan selalu bekerja menyusun laporan keuangan. Sedangkan pada organisasi organis, pekerjaan berubah-ubah dan tidak hanya terpaku pada satu kegiatan.

6. Struktur
Pada organisasi mekanistis, sturktur organisasi bersifat biokratik . Biokratik diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas. Sedangkan pada organisasi organis, struktur kerja lebih menjurus kepada team work, yaitu pengelompokan beberapa pekerja. Dalam team work, pekerja dapat saling bekerjasama dan bertukar pendapat satu sama lain.

7. Formalisasi
Formalisasi pada organisasi mekanistis terukur tinggi, dimana terdapat uraian jabatan yang tegas, banyaknya peraturan organanisasi, dan prosedur yang didefinisikan dengan jelas yang mencakup
proses kerja. Lain hal nya dengan organisasi organis dengan formalisasi rendah, dimana perilaku kerja karyawan relatif tidak terstruktur dan para karyawan mempunyai banyak atas kebebasan dalam hal bagaimana cara mereka melakukan pekerjaan.

Penerapan
Contoh organisasi yang menganut ciri organisasi mekanistis adalah organisasi pemerintahan, dimana struktur bersifat biokratis, pelaksanaan yang ketat dan berlandaskan hukum. Sedangkan organisasi organis sudah dianut oleh hampir sebagian besar organisasi yang ada pada saat ini.

Sumber pendukung : http://www.scribd.com/doc/31594941/Kajian-Reorg-Paparan-for-Print
http://id.wikipedia.org/wiki/Birokrasi
Serta pemahaman yang diperoleh dari Lecturer Note.


4.Apakah ciri-ciri dari suatu organisasi pembelajar itu?

Organisasi pembelajar adalah organisasi yang selalu mengembangkan kemampuan dengan terus-menerus beradaptasi dan selalu berubah karena semua anggota berperan aktif dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah-masalah yang
berkaitan dengan pekerjaan.

Ciri-ciri Organisasi Pembelajaran Menurut Beberapa Tokoh :
1.Pedler, dkk (Dale, 2003)
Organisasi pembelajaran :
• Mempunyai suasana dimana anggota-anggotanya secara individu terdorong untuk belajardan mengembangkan potensi penuh mereka.
• Memperluas budaya belajar ini sampai pada pelanggan, pemasok dan stakeholder lain yang signifikan.
• Menjadikan strategi pengembangan sumber daya manusia sebagai pusat kebijakan bisnis.
• Berada dalam proses transformasi organisasi secara terus menerus.

2.Lundberg (Dale, 2003)
Organisasi pembelajaran :
• Tidaklah semata-mata jumlah pembelajaran masing-masing anggota.
• Membangun pemahaman yang luas terhadap keadaan internal maupun eksternal melalui kegiatan-kegiatan dan sistem-sistem yang tidak tergantung pada anggota-anggota tertentu.
• Tidak hanya tentang penataan kembali atau perancangan kembali unsur-unsur organisasi.
• Lebih merupakan suatu bentuk meta-pembelajaran yang mensyaratkan pemikiran kembali pola-pola yang menyambung dan mempertautkan potongan-potongan sebuah organisasi dan juga mempertautkan pola-pola dengan lingkungan yang relevan.
• Mengikat beberapa sub-proses, misalnya perhatian, penafsiran, pencarian, pengungkapan dan penemuan, pilihan, pengaruh dan penilaian.
• Mencakup baik unsur kognitif, misalnya pengetahuan dan wawasan yang dimiliki bersama oleh para anggota organisasi maupun kegiatan organisasi yang berulang-ulang, misalnya rutinitas dan perbaikan tindakan.

3.John Farago & David Skyrme (Munandar, 2003)
Organisasi pembelajaran :
• Adaptif terhadap lingkungan eksternalnya.
• Secara terus menerus menunjang kemampuan untuk berubah.
• Mengembangkan baik pembelajaran individual maupun kolektif.
• Menggunakan hasil pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik.



Sumber pendukung : http://library.usu.ac.id/download/fk/psikologi-eka2.pdf

Menurut Saudara apakah pemimpin yang bergaya demokratis itu cocok apabila ditunjuk untuk mempimpin organisasi mekanistik? Jelaskan pendapat Saudara.


Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
Hal tersebut tentu sangat bertolak belakang dengan ciri khas Organisasi Mekanistis yang dikendalikan dengan kaku dan ketat, dimana sedikitnya partisipasi dalam pengambilan keputusan oleh karyawan tingkat bawah.
Jika ditinjau dari pengertian dan ciri masing-masing , tentu saja seharusnya pemimpin dengan gaya demokratis tidak cocok dengan organisasi mekanistis.
Namun menurut saya pribadi, bukan tidak mungkin pemimpin dengan gaya demokratis dapat cocok dengan organisasi mekanistis. Menurut saya, pemimpin dengan gaya demokratis adalah tipe pemimpin yang paling unggul, karena cocok untuk memimpin jenis organisasi apa saja.
Dalam memimpin organisasi mekanistis, pemimpin demokratis dapat tetap menunjukkan sifat demokratisnya, namun tetap mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku dalam organisasi mekanistis. Misalnya saja, Dalam rapat penentuan keputusan / kebijakan antar golongan atas, pemimpin dapat mengajukan pendapat yang sifatnya mendukung / memperhatikan harapan golongan bawah , meskipun tidak secara langsung meminta pendapat kepada golongan bawah tersebut.
Saya mengambil contoh nyata, yaitu Presiden RI. Presiden yang dipilih oleh masyarakat pastilah harus bersifat demokratis dan memperhatikan kepentingan rakyatnya. Kita pun tahu bahwa organisasi pemerintahan memiliki ciri organisasi mekanistis. Dalam pelaksanaanya, Presiden kita tetap mempertimbangkan / memperhatikan kepentingan masyarakat dalam mengambil keputusan kebijakan Negara, meskipun tidak secara langsung melakukan musyawarah, dan keputusan akhir tetap bergantung pada rapat petinggi Negara.

Sumber pendukung : http://organisasi.org/jenis_dan_macam_gaya_kepemimpinan_pemimpin_klasik_otoriter_demokratis_dan_bebas_manajemen_sumber_daya_manusia

Saturday, August 28, 2010

Mengenal Spesifikasi Komputer [Pengantar Teknologi dan Informasi]

Spesifikasi Acer Aspire M3910 Core i5

1. Processor: Intel Core i5-650 (3.20 GHz, 4MB)
Processor diibaratkan seperti otak manusia, yang berfungsi untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan.
PC Acer Aspire M3910 Core i5 memiliki processor Intel Core i5-650 , dengan kecepatan proses computer 3.20 Ghz, dan 4mb itu menunjukan memori cache PC tersebut sebesar 4 mb. Cache berfungsi untuk menyimpan data dari memori ram untuk di proses oleh prosesor.

2. Chipset: Intel H57 Express Chipset
Chipset adalah prosesor yang terdapat di mother board, biasanya terdapat 2 chipset pada mother board komputer, yaitu north bridge (utara) dan south bridge (selatan). Pada intel H57 ini hanya terdapat satu aja yaitu north bridge, dan semuanya terintegrasi di sini.

3. Operating System: Window 7 Home Premium

Operasi system adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Operasi system yang digunakan di Perangkat ini adalah Windows 7 Home premium, yang merupakan Operasi system terbaru dari Windows sebagai pembaharuan dari vista.

4. Memory: 2GB DDR3SDRAM 1333Mhz
2GB Menandakan besarnya kapasitas untuk menyimpan data yang akan diproses oleh prosesor. DDR3SDRAM adalah kepanjangan dari Double Data Rate Three Synchronous Dynamic Random Access Memory.


5. Hard Drive: 1TB HDD SATA
Menunjukan besar kapasitas Hard Drive sebesar 1Terabyte. Hard disk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar . Data yang telah tersimpan di dalam harddisk dapat dibuka, dilihat, di-edit, maupun dihapus.

6. Optical: DVDRW SuperMulti Drive
Menunjukkan jenis optic yang digunakan untuk membaca disk seperti CD,DVD,Blueray,dll. Optic yang digunakan pada PC ini adalah DVDRW Super Multi Drive yang sudah support DVD+RW, DVD-RW, DVD+R DL, DVD+R, DVD-R, DVD-RAM, CD-R, CD-RW.

7. Display: 15.6 inch LCD
Menunjukkan ukuran layar monitor, 15.6 inch adalah panjang diagonal layar, tipe layer yang digunakan adalah LCD.

8. Video Card: Intel HD Graphics with 1.70GB of video memory
Video Card adalah perangkat yang menghubungkan motherboard dengan monitor. Semakin besar memory Video card, semakin cepat pula proses penampilan gambar di monitor. Kapasitas 1.70GB sepertinya sudah sangat cukup untuk menampilkan gambar dengan resolusi yang baik.

9. Ethernet: Gigabit Ethernet
adalah istilah untuk menjelaskan berbagai teknologi transmisi frame Ethernet di tingkat yang gigabit per detik, seperti yang ditetapkan oleh standar IEEE 802,3-2.005.

10. Modem: Modem 56Kbps
Menunjukkan kecepatan modem internal dalam melakukan koneksi internet.

11. PC Card Slot: 2x PCIe x16, PCIe x1, PCI
Menunjukkan jenis PC Card yang di support dan dapat terbaca oleh PC, seperti modem, memory,dll.

12. Audio: Speaker
Menunjukkan perangkat audio yang digunakan adalah speaker. Jika tidak puas dengan speaker bawaan, kita bias menambahkan speaker lain yang jenisnya banyak terdapat di pasaran.

13. I/O Ports: 10x USB 2.0, VGA, LAN, Audio, HDMI
I/O Ports berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti pada keyboard, mouse paralel/serial ataupun USB. Contohnya koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner, modem, dll.


14. Battery: 251 Watt
Menunjukkan besarnya daya baterai yang digunakan PC tersebut sebesar 251 watt. Baterai pada PC bersifat optional. Artinya bisa saja tidak digunakan apabila tersedia aliran listrik di sekitar user untuk menghidupkan PC dengan/tanpa adaptor.

15. Size (WxDxH)mm: 181 x 401.8 x 379 mm
Informasi ini menunjukkan dimensi / ukuran CPU.

16. Warranty: 2 year warranty
Adalah masa garansi yang diberikan oleh provider. Biasanya apabila terjadi kerusakan selama masa garansi masih berlaku, kita dapat memperbaiki dengan Cuma-Cuma, tentunya di gerai tertentu dan berdasarkan ketentuan yang berlaku.


Sumber :
http://www.bhinneka.com/products/sku00609054/extron__works_d540_%28pd53%29.aspx
http://www.semasajaya.sch.id/v1/content/view/154/67/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
http://id.wikipedia.org/wiki/Ethernet
http://www.anneahira.com/komputer/hardware-komputer.htm

Manajemen Strategis [Pengantar Manajemen dan Bisnis]

1. Apakah manfaat dari penerapan manajemen strategis itu?
Manajemen strategis memungkinkan suatu organisasi untuk lebih proaktif ketimbang reaktif dalam membentuk masa depan sendiri, hal itu memungkinkan suatu organisasi untuk mengawali dan mempengaruhi aktivitas sehingga dapat mengendalikan tujuannya sendiri. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dari penerapan manajemen strategis, antara lain :
1. Memberikan arah jangka panjang yang akan dituju.
2. Membantu organisasi beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi.
3. Membuat suatu organisasi menjadi lebih efektif
4. Mengidentifikasikan keunggulan komparatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin beresiko.
5. Aktifitas pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan untuk mencegah munculnya masalah di masa datang.
6. Keterlibatan anggota organisasi dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap pelaksanaannya.
7. Aktifitas yang tumpang tindih akan dikurangi
8. Keengganan untuk berubah dari karyawan lama dapat dikurangi.
Sumber:
http://dim24.wordpress.com/2010/01/04/manfaat-manajemen-strategik/
http://ab-fisip-upnyk.com/files/manj_strategy.pdf


2. Adakah organisasi yang tidak mencari untung atau tidak berorientasi pada laba itu juga menerapkan manajemen strategis? Berikan contohnya.

Tentu saja ada,
Salah satu contohnya adalah Rumah Sakit Haji Medan, yang sudah menerapkan manajemen strategis sejak tahun 2000 dengan tujuan peningkatan mutu pelayanan. Dengan penerapan manajemen strategis, Rumah Sakit Haji berhasil lulus uji akreditasi pada tahun 2001.

Sumber: Tesis yang disusun oleh Bp. Jamaludin (Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan 2009)
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/6696/1/09E01337.pdf



3.Dalam setiap industri ada lima kekuatan yang harus dicermati oleh para manajer. Sebutkan dan jelaskan lima kekuatan industri tersebut.

1. Ancaman Pemain Baru (Threat of new entrants).
Faktor-faktor seperti skala ekonomi, kesetiaan merek, dan kebutuhan permodalan menentukan seberapa mudah atau seberapa sulit bagi pesaing baru untuk memasuki industri tertentu. Contoh : Operator selular baru semisal AXIS, harus berusaha bersaing dengan operator besar yang senior seperti Telkomsel dan Indosat, tentunya dengan menerapkan beberapa strategi, misalnya dengan menawarkan tarif yang lebih murah, promo iklan yang menarik,dll.

2. Ancaman Produk Subsitusi (Threat of substitutes).
Faktor-faktor seperti biaya perpindahan dan kesetiaan pembeli menentukan kadar sejauh mana pelanggan cenderung membeli produk subsitusi. Contoh : Operator selular senior seperti Telkomsel, harus memiliki manajemen strategi agar pelanggan mereka yang sekarang tidak berpindah hati ke operator-operator baru yang gencar gencarnya melakukan promosi tarif murah.

3. Kekuatan Tawar-menawar Pembeli (Bargaining power of buyer).
Faktor-faktor seperti jumlah pelanggan di pasar tertentu, informasi pelanggan, dan ketersediaan produk subsitusi menentukan jumlah pengaruh yang dimiliki oleh para pembeli dalam industri tertentu. Contoh : Di kota besar seperti Jakarta, jumlah penduduk lebih padat dan pembeli memiliki daya beli yang lebih tinggi ,lain hal nya bila dibandingkan dengan kota kecil seperti Purwokerto.

4. Kekuatan Tawar-menawar Pemasok (Bargaining power of suppliers).
Faktor-faktor seperti derajat konsentrasi pemasok dan ketersediaan input subsitusi menentukan jumlah kekuatan yang dimiliki para pemasok terhadap perusahaan diindustri tertentu. Contoh : Jaringan operator selular Telkomsel sudah mencakup hingga pelosok desa, misalnya di desa ‘A’ hanya Jaringan Telkomsel yang dapat diakses dan mendapatkan sinal dan pengguna jasa seluler tidak memiliki pilihan lain. Hal tersebut tentu menjadikan Telkomsel sebagai pemasok jasa seluler yang paling kuat di desa ‘A’.

5. Pesaing yang ada sekarang (Existing rivalry).
Faktor-faktor seperti tingkat pertumbuhan industri, peningkatan atau penurunan permintaan, dan perbedaan produk menentukan seberapa senget persaingan di antara sejumlah perusahaan di industri tertentu.



4 .Michael Porter mengemukakan perlunya para manajer memiliki strategi kompetitif dalam melakukan persaingan yang sangat tinggi derajatnya seperti sekarang ini. Jelaskan strategi kompetitif yang dimaksudkan tersebut.


Strategi kompetitif adalah strategi di mana para manajer menciptakan dan mempertahankan keunggulan bersaing yang akan memberi perusahaan profitabilitas diatas rata-rata.
Kerangka kerja strategi yang dikemukakan oleh Michael Porter mengidentifikasi tiga strategi umum yang dapat dipilih para manajer, antara lain :
a.Diferensiasi, adalah salah satu strategi kompetitif di mana organisasi berupaya membuat produk atau jasa yang ditawarkannya berbeda dengan pesaing. Organisasi dapat menggunakan periklanan, fitur produk yang berbeda dengan pesaing, atau teknologi baru yang belum pernah ada sebelumnya untuk meraih persepsi “unik”.
b.Kepemimpinan Biaya, merupakan salah satu tipe strategi kompetitif di mana organisasi secara agresif berupaya menjadi lebih efisien ( melakukan redusi biaya) dari pesaing-pesaingnya dengan memotong biaya produksi dan pengawasan biaya yang ketat.
c. Fokus, adalah strategi kompetitif yang menekankan pada konsentrasi terhadap suatu segmen pasar atau kelompok pembeli tertentu.

Keberhasilan suatu organisasi bergantung pada pemilihan strategi yang tepat, strategi yang cocok dengan kekuatan bersaing (sumber daya dan kemampuan) organisasi tersebut, dan industri tempat organisasi itu berbeda. Dalam menjalankan strategi, para manajer menilai daya tarik industri dengan menggunakan kelima faktor berikut ini (penjelasan sudah disertakan dalam jawaban soal nomor 3) :
a. Ancaman Pemain Baru (Threat of new entrants).
b. Ancaman Produk Subsitusi (Threat of substitutes).
c. Kekuatan Tawar-menawar Pembeli (Bargaining power of buyer).
d. Kekuatan Tawar-menawar Pemasok (Bargaining power of suppliers).
e. Pesaing yang ada sekarang (Existing rivalry).
Sumber: http://www.docstoc.com/docs/3143895/Manajemen-Strategi dan Lecture Note

-----------------------------------------------------------------------------------
NESTLE [Penerapan Manajemen Strategis]
-----------------------------------------------------------------------------------

Ringkasan

Nestlé adalah sebuah perusahaan multinasional di Vevey, Swiss yang bergerak dalam bidang makanan. Didirikan pada tahun 1867 oleh Henri Nestlé. Perusahaan ini menghasilkan makanan dan minuman seperti makanan bayi, susu, kopi, cokelat, dan lain-lain.
Visi dan Misi Nestle mencoba memberikan dan memfasilitasi yang terbaik untuk kehidupan masyarakat melalui cara hidup mereka di dunia dengan memenuhi kebutuhan konsumen dan Nestle memberikan kontribusi pada kualitas kehidupan yang lebih baik.
Nestle selalu memperhatikan lingkungan sekitar dengan cara menciptakan lingkungan sehat bagi semua orang di seluruh dunia, pihak Nestle merealisasikan keinginan nya untuk memberikan dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk semua orang di seluruh dunia dengan mengadakan kerjasama dengan para ahli untuk memberikan dan mengantisipasi masalah-masalah tentang lingkungan sehat bagi seluruh dunia.
Nestle adalah bentuk usaha Joint Venture. Dengan menggunakan bentuk usaha ini Nestle mempunyai keuntungan yaitu perusahaan dapat mengambil manfaat dari mitra lokalnya mengenai pengetahuan tentang kondisi persaingan, budaya, bahasa, sistem politik dan sistem bisnis di negara dimana perusahaan akan didirikan. Ketika perkembangan biaya dan atau risiko pembukaan pasar luar negeri tinggi, suatu perusahaan dapat mengambil keuntungan dengan cara berbagi biaya dan atau risiko ini dengan mitra local, Sehingga Nestle dapat berkembang dengan cepat dan terjalin hubungan yang kuat.
Strategi Pasar internasional : Nestle pernah menjalankan Program efisiensi operasional dan berhasil mencatatkan sukses, dimana penghematan yang dilakukan melampaui target sebesar CHF 1 miliar pada 2007. Nestle juga melakukan berbagai macam bentuk strategi yaitu dengan memberikan Inovasi dan renovasi, menjalin komunikasi dengan baik kepada konsumen.
Memasuki ke pasar global dan berekspansi, Nestle memulai dengan pemasaran dan menyusun konsepi pemasaran internasional sebagai berikut : pasar mana saja yang harus dijadikan target dan bagaimana urutan-urutannya, negara mana, dan segmen mana dalam negara yang menjadi sasaran . Langkah berikutnya bagi petugas pemasaran Nestle adalah menetapkan objektif untuk volume, pangsa pasar, penjualan, dan pendapatan, mereka harus memutuskan bagaimana mengimplementasikan usaha pemasaran. Bagaimana seharusnya Nestle mengelola dan mengimplementasikan usaha pemasaran nya.
Konsep Strategi : Nestle menerapkan strategi manajemen kontrol sistem yang terdesentralisasi, dengan mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan di masing-masing unit bisnis sehingga keputusan-keputusan yang diambil sesuai dengan kondisi di masing-masing negara.
Perusahaan induk Nestle melakukan intervensi dengan mengubah tim manajemen, mengubah strategi bisnis, memasukkan (infused) teknologi baru, atau menjual/menutup unit-unit yang tidak efisien atau yang tidak terkait langsung dengan kompetensi inti unit bisnis terkait.
Untuk dapat melakukan persaingan di pasar dunia sebuah perusahaan multinasional seperti Nestle harus melakukan analisa produk nya sendiri dengan melakukan penelitian dan survey dengan akurat, analisa-analisa tersebut meliputi SWOT (strength, weaknes, opportunities, threats).
- Strenght, Keunggulan dari Nestle selama 50 tahun menjadi brand makanan terbaik dan menjadi brand minded bagi konsumen. Bentuk dan rasanya juga mengikuti di daerah mana dia diproduksi, kemudian telah berhasil selama 50 tahun masuk dalam jajaran makanan kecil favorit di dunia. Bermacam-macam variasi diluncurkan yang membuat Nestle mencapai sukses.
-Weakness, pada 1991 diketahui bahwa pada masa itu remaja kurang menyukai Nestle dan lebih menyukai brand lain yang menurut mereka lebih cocok akan jiwa mereka. Untuk mengatasi hal ini Nestle membuat keputusan memluncurkan produk baru yang lebih berjiwa muda.
-Opportunities, Survey lapangan menjadi cara yang paling baik untuk mengetahui perubahan yang terjadi, konsumen selalu ingin diperhatikan dan sifatnya variabel atau tidak tetap. elain itu nama besar Nestle juga sudah menjadi salah satu peluang yang baik untuk produk Nestle karena faktor brand minded konsumen itu tadi yang menyebabkan konsumen akan tetap membeli Nestledimana dan kapan pun juga.
-Threats, Pada kasus Nestle mengalami pendomplengan nama oleh Danone menyamai brand ini dengan nama Cit Cat, ini menjadi kelengahan Nestle dan ancaman reputasi Nestle. Agar produk lain jauh tertinggal digunakanlah Marketing Plan yang terarah dan terfokus sehingga jatuhnya produk itu tepat, intinya kondisi yang ada disekitar usaha menjadi bahan cermatan dan dipahami mencoba mengatasi tantangan itu juga bisa dihindari.
Sumber :
http://princeirvan-keboonline.blogspot.com/2010/01/profile-nestle.html
http://agneskurniawan.wordpress.com/2007/10/21/nestle-tempo-doeloe/

Peranan Blackberry Dalam Dunia Bisnis [Pengantar Teknologi Infomasi]

I. Pendahuluan
Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mampu mengejutkan dunia.
Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Namun bisa kita lihat saat ini sudah hampir semua operator GSM di Indonesia, termasuk yang terbilang pendatang baru, sudah menyediakan layanan BIS ( Blackberry Internet Service ). Tarif layanan BIS saat ini juga semakin bersaing, tidak lagi semahal dulu. Hal ini membuat Blackberry semakin dapat diterima di kalangan yang lebih luas, mulai dari eksekutif hingga pelajar.
Pemilihan nama BlackBerry memiliki cerita tersendiri. Saat itu RIM dibantu dengan Lexicon Branding Inc. (perusahaan konsultan pembuatan merek atau brand asal Amerika) mempunyai inspirasi bahwa perangkat ini merupakan sesuatu yg manis dalam kehidupan karena fungsi dan kemudahan yg dimilikinya. Waktu itu pihak Lexicon melihat tombol keyboard nya seperti biji strawberry, tapi menurut mereka kata "straw" terlalu panjang bila diucapkan hingga terkesan lamban. Lalu dipilihlah BlackBerry, brand yg menurut mereka dapat mewakili manisnya hidup dalam buah BlackBerry dan kata "Black" yg cepat bila diucapkan mewakili karakter perangkat BlackBerry yg simple dan mudah digunakan.
Secara umum Blackberry memiliki banyak manfaat, tentunya dalam bidang konektivitas, Multimedia, Jejaring Sosial, hingga Bisnis. Dalam paper ini, saya hanya akan membahas tentang manfaat Blackberry yang berkaitan dengan dunia bisnis.

II. Pembahasan
Saat ini di Indonesia hampir sebagian besar businessman sudah memilih Smartphone Blackberry sebagai pendamping setia dalam melakukan segala kegiatan sehari-hari, termasuk pekerjaan. Hal tersebut tentunya dikarenakan begitu banyak manfaat dari perangkat Blackberry yang dirasakan sangat membantu kegiatan mereka.
Blackberry sebagai media komunikasi dengan rekan bisnis. Kegiatan bisnis tentunya tidak lepas dari komunikasi, khususnya dengan rekan bisnis. Dengan adanya perangkat Blackberry dapat mempermudah melakukan komunikasi, apalagi dengan dimensi Blackberry yang cukup ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Dengan Blackberry, komunikasi yang mungkin dilakukan tidak hanya sebatas telepon dan SMS semata, namun juga dapat dilakukan melalui Email dan Instant Messaging. Dengan fitur tersebut tentunya komunikasi dengan rekan bisnis dapat menjadi lancar dan fleksibel. Blackberry mendukung Push email, sehingga kita tidak perlu lagi melakukan pengecekan inbox setiap jangka waktu tertentu, karena dengan push email kita akan langsung mendapatkan notifikasi apabila ada email baru ( cara kerja seperti SMS).
Blackberry sebagai sarana akses informasi bisnis. Blackberry didukung dengan browser yang cukup mumpuni, sehingga para businessman dapat dengan mudah mengakses informasi terbaru yang berhubungan dengan bidang bisnis mereka. Contohnya, mengakses informasi tentang kurs mata uang, pergerakan dalam bursa saham, berita tentang kondisi perekonomian, dll. Businessman tidak perlu lagi repot membawa notebook atau mencari hotspot, karena kini mereka sudah dapat langsung mengakses internet melalui perangkat Blackberry.
Blackberry mendukung fitur-fitur office. Selain fitur umum seperti agenda, kalender, alarm, memo dan kalkulator, kita juga dapat menambahkan aplikasi office lain semacam Microsoft office ( pada blackberry dikenal sebagai Document to Go ) , PDF to Go ( PDF reader ) , hingga kamus multi bahasa yang berbasiskan google. Jadi businessman tidak lagi terikat pada PC atau netbook.
Banyak biaya yang dapat ditekan karena Blackberry. Salah satunya adalah biaya transportasi. Contohnya, Seorang pedagang biasanya membeli produk dari luar kota ( untuk dijual kembali ), untuk memilih produk apa saja yang akan dijual, mereka harus pergi ke beberapa kota tertentu, dan tentunya memakan biaya transportasi yang cukup mahal. Seiring dengan semakin banyak rekan bisnis yang menggunakan blackberry, mereka tidak perlu lagi jauh- jauh berkunjung ke luar kota, mereka hanya tinggal meminta dikirimkan foto produk (bisa melalui Messenger maupun Email). Dengan begitu mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan laba yang diperoleh menjadi lebih besar.
Selain biaya transportasi, Blackberry juga menghemat biaya komunikasi. Banyak Users yang sudah merasakannya. Jika dahulu mereka harus mengeluarkan biaya pulsa Rp.200.000 – Rp.300.000, sekarang mungkin hanya Rp.100.000 – Rp.150.000 . Mengapa? Karena sebelum menggunakan Blackberry, mereka harus menggunakan fitur panggilan telepon atau SMS yang tentunya tidak murah. Semenjak menggunakan blackberry, mereka hanya perlu mendaftar layanan BIS bulanan ( yang saat ini semakin ekonomis ) dan dapat melakukan percakapan sepuasnya lewat messenger. Selain percakapan, messenger juga mendukung fitur yang memungkinkan untuk berbagi file gambar dan suara. Jadi tidak heran apabila saat ini Blackberry users tidak terlalu suka melakukan komunikasi melalui panggilan telepon atau SMS karena faktor ekonomis dan kebiasaan.

III. Kesimpulan
Saat ini di Indonesia sebagian besar businessman memilih Blackberry sebagai pendamping dalam menjalankan aktivitas kerja. Hal tersebut dikarenakan banyaknya manfaat yang dirasakan dari perangkat tersebut, yaitu sebagai sarana komunikasi dengan rekan bisnis, sarana mengakses informasi, alternatif pengganti PC/ Notebook untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan fitur office, serta menghemat biaya mulai dari transportasi hingga biaya komunikasi.

Daftar Pustaka
http://indo-trans.blogspot.com/2009/03/apa-itu-blackberry-dan-sejarah.html
http://homeformulaone.blogspot.com/2009/02/sejarah-blackberry.html

Friday, August 27, 2010

Organisasi dan Manajemen Dalam Lingkungan Global - [Pengantar Manajemen & Bisnis]

1. Sebutkan dan jelaskan aliansi perdagangan regional yang Saudara ketahui, dan apa maksud tujuan dengan dibentuknya aliansi-aliansi perdagangan tersebut.
a. AFTA ( ASEAN Free Trade Area )
adalah sebuah persetujuan oleh ASEAN mengenai sektor produksi lokal di seluruh negara ASEAN yang bertujuan untuk :
- Meningkatkan daya saing ASEAN sebagai basis produksi dalam pasar dunia melalui penghapusan bea dan halangan non-bea dalam ASEAN
- Menarik investasi asing langsung ke ASEAN.

b. NAFTA (North American Free Trade Agreement)
adalah sebuah organisasi yang terdiri dari negara-negara Amerika Utara. Organisasi ini didirikan pada 1994 oleh tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Piagamnya menyatakan bahwa NAFTA bertugas mengkoordinasikan kegiatan ekonomi, termasuk hubungan niaga, komunikasi, kegiatan kebudayaan, kewarganegaraan, paspor, dan visa, kegiatan social, dan kegiatan kesehatan. Markas NAFTA berada di Washington D.C. Ottawa, dan Mexico City.
Tujuan dari NAFTA adalah penghapusan hambatan perdagangan bebas ( tarif, persyaratan izin import, tarif pengguna bea masuk ) untuk memperkuat kekuatan ekonomi ketiga negara tesebut.

c. MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)
MEE didirikan pada tahun 1957 berdasarkan perjanjian antarnegara Eropa Barat di Roma-Italia. MEE mengadakan kerja sama di bidang perdagangan dengan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia. Pada tanggal 4 April 1977 diselenggarakan konferensi di Brussel antara MEE dengan ASEAN untuk membahas kerja sama.
Tujuan MEE yang sekarang dikenal dengan istilah Pasaran Bersama Eropa (PBE) adalah sebagai berikut:
1) Memperoleh perkembangan yang harmonis dalam kegiatan ekonomi
antarnegara-negara anggota.
2) Meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya negara-negara
anggota.
3) Mempererat kerja sama ekonomi pada anggota-anggota MEE.

Sumber :
http://antoniusfelix-assignment.blogspot.com/2008/11/pengamenbis-pert-3-mengelola-dalam.html



2. Beberapa pendekatan digunakan oleh para manajer untuk mengelola perusahaan di lingkungan global. Sebutkan dan jelaskan pendekatan yang digunakan untuk mengelola bisnis global tersebut.

a. Global Outsourcing
berarti melakukan pembagian tenaga kerja secara internasional, sehingga proses manufaktur dapat dilakukan di negara yang memiliki sumber tenaga kerja dan pasokan yang paling murah, berasal dari negara manapun.

b. Ekspor - Impor
Pendekatan ini biasa dijalankan oleh perusahaan yang masih kecil karena investasi dan risiko terbilang cukup kecil. Dengan pendekatan ini perusahaan memproduksi produk di negara asal, kemudian mengekspor produk mereka ke negara lain , atau memilih membeli produk dari luar negri untuk di jual di negara asal nya.

c. Pemberian Lisensi (Lisencing) dan Waralaba (Franchising)
Pendekatan ini dilakukan dengan memberikan hak penuh untuk menggunakan merk, teknologi, atau spesifikasi produk perusahaan kepada pihak lain. Tentunya tidak semua perusahaan mau memberikan Lisensi / Waralaba , salahsatunya untuk menjaga nama baik perusahaan. Dengan pendekatan ini perusahaan mendapat imbalan berupa pembayaran sejumlah uang sekaligus (lump-sum payment) atau uang jasa (fee) yang biasanya berdasar pada penjualan. Perbedaan adalah bahwa pelisensian biasanya digunakan oleh perusahaan pabrikan dan pewaralabaan digunakan oleh organisasi jasa.

d. Aliansi Strategis (Strategic Alliances)
adalah kemitraan antara organisasi tertentu dan perusahaan asing dimana keduanya berbagi sumber daya dan pengetahuan guna mengembangkan produk baru atau membangun fasilitas produksi. Mitra tersebut juga berbagi resiko dan imbalan atas aliansi itu. Jenis aliansi strategis tertentu dimana para mitra setuju untuk membentuk organisasi yang terpisah dan independen untuk mencapai suatu tujuan bisnis disebut Usaha Patungan ( Joint Venture ).

e. Mendirikan Anak Perusahaan di Luar Negeri (Foreign Subsidiary),
Dengan pendekatan ini, perusahaan mendirikan anak perusahaan di luar negeri yang merupakan fasilitas produksi atau kantor yang terpisah dan independen. Anak perusahaan itu dapat dikelola sebagai MNC (pengendalian domestik), TNC (pengendalian asing), atau sebagai organisasi tanpa batas (pengendalian global).

f. Usaha Patungan (Joint Venture)
suatu perusahaan membagi biaya dan resiko bersama dengan perusahaan ialin, yang umumnya berasal dari negara tuan rumah, umtuk mengembangkan produk baru, membangun fasilitas produksi ataumembuat jaringan penjualan dan distribusi.

g. Perusahaan afiliasi luar negri yang dimilki penuh
(Wholly owned foreign affiliate), dimana perusahaan memiliki kontrol penuh terhadapnya. Bentuk investasi langsung yang paling mahal dan beresiko adalah Greenfield Venture


Sumber : http://www.scribd.com/doc/13564512/Mengelola-Dalam-Lingkungan-Global


3. Dalam mengelola perusahaan di lingkungan global terdapat lingkungan yang harus dipahami oleh para manajer global. Sebutkan dan jelaskan lingkungan yang harus dipelajari dan dipahami tersebut.
a. Lingkungan Politik dan Hukum
Dunia bisnis pasti berkaitan dengan sistem politik yang tidak dikenal, juga
pengawasan dan regulasi pemerintah yang lebih banyak, ketika mulai
memasuki pasar internasional.beberapa perhatian hukum-politik utama
yang mempengaruhi bisnis internasional adalah sbb :
Risiko Dan Instabilitas Politik .
Risiko Politik yang diartikan sebagai resiko kehilangan aktiva, daya untuk menghasilkan, atau control manajemen terkait dengan peristiwa atau tindakan yang berbasis politik oleh pemerintah negara tuan rumah. Resiko politik mencakup pengambilalihan properti oleh pemerintah, atau tindak kekerasan yang ditujukan kepada properti atau karyawan perusahaan. masalah bagi
perusahaan internasional lainnya yang sering terjadi adalah Instabilisasi
Politik seperti kerusuhan, revolusi, kekacauan sipil, dsb. Instabillitas
politik meningkatkan ketidakpastian dan mempengaruhi operasi sebuah
perusahaan internasional.
Hukum dan Regulasi
Hukum dan aturan pemerintah berbeda antara satu negara dengan negara lain, dan menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan internasional ketika melakukan kegiatan bisnis.perusahaan internasional ini harus mempelajari aturan dan mematuhinya. Perubahan paling jelas dalam faktor hukum- politik muncul dalam bentuk perdagangan internasional dan sistem aliansi dagang
internasional yang berbeda.

b. Lingkungan Ekonomi
Lingkungan ekonomi merupakan kondisi ekonomi di negara organisasi internasional beroperasi. Bagian dari lingkungan ini meliputi beberapa faktor, seperti perkembangan ekonomi, infrastruktur; pasar sumber daya dan produk; kurs nilai tukar; serta inflasi, tingkat suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi.
Perkembangan Ekonomi (Economic Development)
Perkembangan Ekonomi sangat berbeda- beda di berbagai negara dan wilayah di dunia. Sejumlah negara dapat digolongkan sebagai negara negara maju atau negara berkembang. Kriteria yang digunakan secara tradisional untuk menggolongkan negara sebagai negara maju atau berkembang adalah pendapatan per kapita, yaitu pendapatan yang diperoleh dari produksi barang dan jasa suatu Negara dibagi dengan jumlah penduduk. Infrastruktur(Fasilitas fisik suatu negara yang mendukung kegiatan ekonominya) mencakup fasilitas transportasi seperti bandar udara, jalan raya, dll; fasilitas komunikasi, seperti saluran telepon. Infrastruktur yang tidak berkembang menjadi peluang bagi beberapa perusahaan yang bisnisnya meliputi mesin jet, sistem pendingin udara, dll.
Pasar Sumber Daya Dan Produk
Ketika beroperasi di negara lain manajer perusahaan harus mengevaluasi permintaan pasar akan produk mereka. Jika permintaan pasar tinggi, manajer dapat memilih untuk mengekspor produk ke negara tersebut. Namun demikian, untuk membangun pabrik, pasar sumber daya untuk memasok bahan baku
dan tenaga kerja harus tersedia.
Kurs Nilai Tukar
Adalah Nilai yang menjadi dasar pertukaran mata uang satu dengan negara dengan negara lain. Perubahan kurs nilai tukar dapat menimbulkan implikasi yang besar terhadap keuntungan operasi internasional yang mempertukaran jutaan dollar ke dalam mata uang lain setiap harinya.

c. Lingkungan Sosial Budaya
Budaya suatu bangsa meliputi pengetahuan, keyakinan, nilai-nilai, serta model umum perilaku dan cara berpikir yang dianut bersama di antara anggota masyarakat. Budaya tidak berwujud, tersebar luas, dan sulit untuk dipelajari, merupakan hal-hal yang benar benar wajib bagi bisnis dan manajer internasional untuk memahami budaya lokal dan berhubungan secara efektif dengan budaya lokal setempat.
Nilai-nilai Sosial
Ada empat dimensi sistem nilai nasional yang mempengaruhi hubungan kerja organisasi dan karyawan, antara lain :
1.Jarak Kekuasaan (Power Distance). Jarak kekuasaan yang tinggi berarti orang menerima ketidaksetaraan kekuasaan di antara institusi,organisasi, dan orang. Jarak kekuasaan yang paling rendah berarti orang mengharapkan kesetaraan dalam kesempurnaan,
2.Penghindaran Ketidakpastian (Uncertainty avoidance). Berarti anggota dalam suatu masyarakat merasa tidak nyaman dengan ketidakpastian dan ambiguitas, sehingga mendukung keyakinan yang menjanjikan kepastian dan kecocokan.
3.Individualisme dan kolektivisme (Individualism and collectivism). Individualisme mencerminkan nilai terhadap ikatan kerangka social yang longgar, di mana masing-masing orang diharapkan untuk mengurus diri mereka sendiri. Kolektivisme berarti preferensi terhadap ikatan kerangka sosial yang sangat ketat, dimana setiap individu meperhatikan satu sama lain dan organisasi melindungi kepentingan anggotanya.
4.Maskulinisme/Feminisme(Maskulinity/Femininity).Maskulinitas ,berpusat pada pekerjaan dan keberhasilan dalam hal materi. Feminisme mencerminkan nilai nilai hubungan, kerjasama, dan pengambilan keputusan terhadap keputusan dalam kelompok, dan kualitas hidup.
5. Orientasi Jangka Panjang (Long Term Orientation) versus Orientasi Jangka Pendek (Short Term Orientation). Orientasi jangka panjang mencakup perhatian yang lebih besar terhadap masa depan dan sangat menghargai sikap hemat dan kerja keras. Orientasi jangka pendek mencakup perhatian terhadap masa lalu dan masa kini, serta menempatkan nilai yang tinggi terhadap tradisi dan pemenuhan kewajiban sosial.
Karakteristik Budaya Lainnya
Karakteristik budaya lainnya yang mempengaruhi organisasi internasional
lainnya adalah bahasa, agama, tingkah laku, organisasi sosial, dan pendidikan. Tingkah laku yang disebut sebagaiEthnosentr is mengandung arti memiliki kecenderungan untuk menganggap budaya sendiri lebih unggul dan memandang rendah budaya lainnya, dan ini akan berimbas kepada sulitnya sebuah perusahaan asing untuk beroperasi di dalam suatu negara.


Sumber : http://www.scribd.com/doc/13564512/Mengelola-Dalam-Lingkungan-Global


4. Menurut Saudara apakah negara kita sudah siap untuk bergabung dalam kelompok AFTA? Jelaskan.

Belum,
Karena hingga saat ini kondisi perekonomian di Indonesia masih terbilang labil , misalnya saja sekarang kondisi perekonomian sudah cukup baik, namun bisa saja tiba-tiba kondisi menurun ketika terjadi suatu peristiwa seperti kejadian terorisme, gagal panen, bahkan saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan dimana biasanya harga-harga (khususnya sembako) melonjak. Tidak stabilnya perekonomian di Indonesia membuat Investor ragu untuk menanamkan modalnya.
Indonesia juga masih terbilang lemah dalam bidang produktivitas dan retribusi. Salahsatunya dalam segi kualitas yang belum mampu bersaing dengan Negara lain. Ditambah dengan masih banyaknya masyarakat yang lebih memilih menggunakan produk luar negri dibandingkan produk negaranya sendiri. Hal itu tentunya memberi efek buruk kepada rakyat kecil (seperti petani, nelayan,dll ) yang merupakan kelompok penting dalam produksi. Semangat produktivitas mereka tentunya semakin berkurang, akibatnya produktifitas dan nilai ekspor Negara kita tidak mampu bersaing dengan Negara tetangga.
Manajemen pemerintahan di Indonesia juga masih harus dibenahi karena saat ini kebijakan-kebijakan yang diambil pemertintah kurang memperhatikan tujuan jangka panjang.

----------------------------------------------------------------------------------
Coca-Cola
----------------------------------------------------------------------------------
Coca-Cola atau Coke adalah minuman bersoda kola yang dijual di berbagai restoran, toko, dan mesin pengecer di lebih dari 200 negara. Minuman ini diproduksi oleh The Coca-Cola Company. Coke adalah salah satu merek yang paling dikenal dan paling luas penjualannya. Saingan utamanya adalah Pepsi.

Coca-Cola ditemukan pada bulan Mei 1886 oleh Dr. John S. Pemberton di Atlanta, Georgia. Nama "Coca-Cola" sendiri disarankan oleh pegawai pembukuannya, Frank Robinson, yang merancang tulisan Coca-Cola dalam huruf bersambung yang terkenal hingga sekarang. Coca-Cola pertama kali dijual dengan mesin soda fountain di Jacob's Pharmacy di Atlanta oleh Willis Venable.

Di tahun pertama, penjualan Coca-Cola sekitar 9 gelas perhari dan terus meningkat, sehingga selama setahun total penjualannya mencapai $50. Tetapi karena biaya yang dikeluarkan mencapai $70, Dr. Pemberton sempat merugi.

Kini, konsumsi produk-produk dari The Coca-Cola Company diperkirakan mencapai satu milyar sajian per hari. Semua kesuksesan itu tentu tidak lepas dari manajemen dan pendekatan global yang tepat.


Analisa

Saat ini Coca-Cola sudah merambah hingga seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam mengembangkan perusahaan nya, Coca-Cola menggunakan Pendekatan Lisensi , yaitu dengan memberikan hak penuh yaitu dengan memberikan hak penuh untuk menggunakan merk, teknologi, atau spesifikasi produk perusahaan kepada pihak lain.

Coca-cola sudah diproduksi di setiap negara yang memiliki lisensi. Dalam proses produksi, tentunya menyesuaikan rasa sesuai dengan cita rasa dan lidah masing-masing negara.

Di beberapa negara coca-cola juga melakukan pendekatan Joint Venture, seperti di Indonesia misalnya, didirikan Coca-Cola Bottling Indonesia yang merupakan nama dagang yang terdiri dari perusahaan-perusahaan patungan (joint venture) antara perusahaan-perusahaan lokal yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha independen dan Coca-Cola Amatil Limited, yang merupakan salah satu produsen dan distributor terbesar produk-produk Coca-Cola di dunia.

Dengan pendekatan global yang tepat, bisa kita lihat betapa besarnya perusahaan ini sekarang. Hampir setiap orang di dunia mengetahui Coca-Cola.


Sumber :
http://www.coca-cola.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Coca-Cola
http://www.coca-colabottling.co.id/ina/ourcompany/index.php